LSP Universitas Pertahanan RI Hadiri Sosialisasi Sistem Informasi BNSP Angkatan VII yang diselenggarakan oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi
Jakarta – Lembaga Sertifikasi Profesi Universitas Pertahanan Republik Indonesia (LSP Unhan RI) menghadiri Sosialisasi Sistem Informasi BNSP Angkatan VII secara online yang diselenggarakan oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Kegiatan Sosialisasi dibuka oleh Silvia Wahyuni Harahap selaku Bidang Data dan Informasi dilaksanakan secara daring. Adapun bertindak sebagai Host kegiatan sosialisasi adalah Febie Dwikha. dari BNSP dan Narasumber kegiatan sosialisasi adalah Riska Bahra dari BNSP, Rabu (28/02/2024).
Adapun kegiatan Sosialisasi Sistem Informasi BNSP Angkatan VII dibuka dengan arahan dan pembukaan kegiatan yang disampaikan oleh Silvia Wahyuni Harahap Beliau menyampaikan bahwa memberikan pemahaman terkait Sistem Informasi baru BNSP, memberikan informasi terkini dan memperkenalkan terkait SIstem Informasi baru yang dikembangkan oleh BNSP dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman peserta terkait manfaat dan modul-modul Sistem Informasi yang telah dikembangkan oleh BNSP. Adapun modul-modul terkait Profil LSP, Data SDM, Profil Asesor, Data TUK, Paket Kompetensi, Skema Sertifikasi, Pengajuan Blanko, Pemengang Sertifikat sampai Pengajuan Asesor Kompetensi.
Selanjutnya, kegiatan dilanjutkan dengan Penjelasan Sisfo New BNSP yang disampaikan oleh Narasumber Riska Bahra yang akan menyampaikan terkait teknis penggunakan Sistem Informasi tersebut.
Sisfo New BNSP adalah pembaharuan Sistem Informasi sebelumnya yang sudah dikembangkan oleh BSP dengan Perbedaan Sisfo New BNSP dengan Sisfo BNSP sebelumnya ada beberapa tambahan fitur yang sudah di aplikasikan pada Sistem tersebut. Sisfo New BNSP ini sudah terintegrasi dengan Aplikasi siap kerja untuk mengetahui Data SDM LSP. Sisfo New ini terdapat menu baru yaitu Paket Kompetensi yang berisikan Nama, KBLI (), Golongan, dan KJN (Kelas Jabatan Nasional). Data Asesor Kompetensi harus wajib daftar pada aplikasi Siapkerja bertujuan data Asesor bisa masuk ke dalam Sistem.
Pada bagian Skema Sertifikasi tidak lagi disediakan fitur edit pada Sisfo New BNSP, dimohon untuk cross-check kembali sebelum di submit. Untuk Bagian Asesor Kompetensi bisa dicari menggunakan Nomor Blanko dan tidak perlu untuk menggunakan nomor Registrasi untuk mencari Data Asesor.
Pengajuan Blanko Sertifikat mempunyai peraturan yang berbeda dengan Sisfo BNSP yang sebelumnya. Pembuatan jadwal Uji Kompetensi dibatasi maximal H+1 Kalender sebelum pelaksanaan Uji Kompetensi. Pengajuan Blanko Sertifikat dapat dilakukan H+10 setelah pelaksanaan Uji Kompetensi, adapun dokumen yang wajib diupload adalah Nomor Permohonan (akan terisi otomatis) dan SK Hasil Uji Kompetensi (pdf). Jika ada Peserta yang tidak hadir wajib mengisi absensi tidak hadir, Asesi yang tidak hadir tidak dapat mengganti dengan Asesi yang lain, namun bisa membuat jadwal yang baru. Untuk Pengajuan Blanko Sertifikat sudah tidak menggunakan import excel seperti di Sistem Informasi BNSP yang lama, namun sudah menggunakan input pada Sistem New BNSP.
Fitur selanjutnya adalah Peminjaman Asesor, LSP bisa mengajukan peminjaman asesor dengan LSP lain dengan persetujuan apakah LSP yang akan meminjamkan Asesor tersebut disetujui atau tidak. Jika disetujui oleh LSP tersebut, maka otomatis akan ada notifikasi di Dashboard pada Sisfo New BNSP. Dipastikan kembali data Peminjaman Asesor sudah benar, karena jika sudah di submit maka tidak akan bisa di edit kembali.
Sisfo New BNSP ini masih belum digunakan untuk Pengajuan Blanko Sertifikat, karena masih menunggu surat edaran dari pihak BNSP. Untuk Pengajuan Blanko Sertifikat bisa dilakukan pada Sistem Informasi BNSP yang lama.
Sosialisasi ini dihadiri oleh 1 (satu) orang perwakilan dari 108 LSP se-Indonesia, perwakilan dari LSP Unhan RI diwakili Staf IT LSP Unhan RI, Dwi Cahyo Purnomo Putro, S.Kom.